PENGARUH FAKTOR MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KACAMATA SASHA DI KOTA PALU

Authors

  • Multy Auliya Universitas Alkhairaat
  • Syamsudidin R Universitas Alkhairaat
  • Titi Kuswani Waty Universitas Alkhairaat

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel marketing mix yang
terdiri dari produk, harga promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian secara
simultan maupun secara parsial. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis menunjukkan marketing mix yang terdiri dari produk, harga promosi dan
distribusi mampu meningkatkan keputusan pembelian pada toko kaca mata sasha di kota
palu dengan baik. Analisis menghasilkan persamaan Y = 4,705 + 0,412 X1 + 0,089 X2 +
0,146 X3 + 0,133 X4 yang berarti bila marketing mix yang terdiri dari produk, harga promosi
dan distribus tidak berubah maka keputusan pembelian adalah 47,5%. Adapun koefisien
determinasi (Adjusted R Square ) = 0,203 berarti marketing mix yang terdiri dari produk,
harga promosi dan distribusi memiliki hubungan positif yang sedang dengan keputusan
pembelian. Selanjutnya koefisien korelasi serempak Multipe R sebesar 0,526 menunjukkan
bahwa hubungan (korelasi) antara variabel independen (produk, harga, promosi, dan
distribusi) terhadap variabel dependen (keputusan pelanggan) adalah 52,6%. Uji F
menghasilkan Fhiung (3,736) > Ftabel (2,57) berarti marketing mix yang terdiri dari produk,
harga promosi dan distribusi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Kata Kunci : Marketing Mix, Keputusan pembelian

Downloads

Published

2020-10-28

Issue

Section

Articles