MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG TOLITOLI
Abstract
Artikel ini berkenan dengan penelitian tentang “Minat Masyarakat Untuk Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Tolitoli”. Pokok permasalahan yang dikemukakan dalam isi skripsi ini adalah bagaimana minat masyarakat untuk menjadi nasabah serta factor yang menjadi kendala duntuk menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Tolitoli.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Untuk mengumpulkan data dalam penulisan ini, penulis berorientasi pada metode kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat. Selain itu, penulis melakukan penelitian lapangan melalui observasi dan wawancara sebagai pendukung penulisan karya ilmiah ini. Data-data tersebut diolah dengan menggunakan metode induktif, deduktif dan kompratif.
Adapun hasil penelitian ini adalah Bahwa di antara faktor yang mendukung minatnya masyarakat wilayah Tolitoli menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tolitoli adalah masyarakaat paadaa umumnya sudah mempunyai dasar pengetahuan terkait sisteem perbankan syariah. Di samping itu juga tidak terlepas dari dukungan pihak perbankan yang gencar melakukan sosilisasi kepada masyarakat dan yang menjadi probelematika atau kendala minat masyarakat dalam menabung di perbankan syariah khususnya di BSI Cabaang Tolitoli adalah kurangnya perbankan BSI di wilayah Tolitoli dan tidak strategisnya lokasi pembangunan kantor cabang tersebut.
Implikasi dari Penelitian mengemukakan bahwa Pemerintah sebagai penentu kebijakan seharusnya mampu memberikan peluang serta meningkatkan sosilaisi produk perbankan syariah khususunya terkait dengan produk-produk yang dapat menarik minat masyarakat serta diharapkan kepada setiap muslim yang sadar akan tujuan hidup di dunia, agar kiranya dapat berperan serta membantu perkembangan produk perbankan syariah yang merupakan prinsip dasar dalam Islam, yaitu prinsip tolong menolong dan berkeadilan) dengan mari bersama-sama menabung di Bank Syariah Indoensia (BSI) Cabang Tolitoli.
Key Word: Minat, Nasabah, BSI