PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) RUMAH PRODUKSI AS – SYIFA DI KELURAHAN NAMBO BOSSA

Authors

  • Indah Lumayo Universitas Alkhairaat
  • Heny Ariwijaya Universitas Alkhairaat
  • Sri Rahayu Husen Universitas Alkhairaat

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tarif dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang kapal Soby Star di Kecamatan Bulagi Utara. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 97 responden yakni masyarakat dikecamatan Bulagi Utara.Teknik data menggunakan analisis regresi linear berganda, Koefisien korelasi (r), koefisien determinasi (R2),uji F dan uji t. Hasil analisis regresi Y = 5,309 + 0,417XI + 0,226X2 .Menunjukan bahwa tarif dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) . Hasil korelasi (r) sebesar 0,590 ini menun jukan adanya hubungan yang sangat kuat pengaruhnya atara tarif dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,348 atau 34,8 memberikan arti bahwa besarnya pengaruh tarif dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang dan sisanya 65,2% ditentukan oleh variabel diluar model yang dianalisis.Pengujian hipotesis diperoleh bahwa Fhitung 25.035 > Ftabel 3,09. Hal ini menunjukan arti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji t tariff dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang dimana ( 6,079 dan 3,384 ) > ttabel (1,985) dan memiliki nilai probabilitas sebesar 0,000, dan 0,001 <0,05. Kata kunci : Tarif, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan penumpang

Downloads

Published

2020-10-28

Issue

Section

Articles